Rabu, 03 Oktober 2012

Dinosaurus Karnivora

1.Tyrannosaurus - rex

Tyrannosaurus rex dalam bahsa yunani berarti raja kadal yang kejam. Sama seperti raptor, T-rex bertungkai dua, leher menyerupai huruf “s”, dan memiliki ekor sebagai penyeimbang gerakannya. T-rex memiliki tulang tengkorak yang besar (1,5 m) yang dikelilingi jaringan-jaringan otot yang kuat sehingga membuatnya mampu dengan mudah mengunyah mangsanya. Hewan ini ditemukan di Benua Amerika dan Benua Asia (Tarbosaurus).

Lengan hewan ini terbilang cukup kecil, hanya sepanjang 1 m dan belum ditemukan fungsi sebenarnya dari lengan ini. Penelitian terbaru (April 2008) mengatakan bahwa T-rex memiliki kekerabatan dengan bangsa unggas, aligator, dan burung unta. Walaupun tubuhnya cukup besar, T-rex memiliki otot-otot yang banyak yang memungkinkannya berlari dengan kecepatan 40-70 km/h. Kemampuan lain dari hewan ini adalah mampu mencium bebauan dari jarak yang jauh yang mampu dibandingkan dengan burung pemakan bangkai saat ini. Hingga saat ini masih menjadi perdebatan apakah T-rex sebenarnya pemakan bangkai atau hewan yang berburu.


2.Allosaurus

 Kakek buyut dari Tyrannosaurus rex, juga merupakan binatang yang luar biasa kuat serta mesin pembunuh yang sangat menakutkan, menebar teror kemanapun ia pergi. Allosaurus akan menyerang mangsanya dengan lengan depannya yang berotot, menyebabkan luka yang parah dengan cakarnya yang setajam silet. Taring menyerupai pedang yang melengkung berbaris di rahangnya, yang dapat merobek dan menelan sebongkah daging dengan mudah.

Allosaurus jumlahnya banyak dan tersebar dimana-mana sebagai makhluk yang haus darah. Pembunuh terbesar dan yang paling ditakuti di darat di zaman Jurassic, kekuasaannya yang penuh teror bertahan selama paling tidak 15 juta tahun, dari sekitar 150 – 135 juta tahun yang lalu.

3.Spinosaurus

Dinosaurus pemakan daging terbesar di darat bukan Tyranosaurus, melainkan Spinosaurus Agygepticus. Spinosaurus mungkin paling dikenal sebagai bintang Jurassic Park 3. Spinosaurus digambarkan sebagai yang terbesar dari carnosaurs. Fosil spinosaur yang telah ditemukan lebih panjang dari T-rex atau Gigantosaurus. Namun spinosaurs dibangun jauh lebih ringan daripada salah satu dari dua raksasa carnosaurs lain.




Nama Spinosaurus
Nama Spinosaurus berarti "kadal berduri". Ini berasal dari duri besar yang membentang dari vertebra di sepanjang punggung. Duri ini bisa sampai enam meter. Hal ini umumnya berpikir bahwa duri ini ditutupi oleh membran kulit untuk membentuk layar seperti sirip. Ini mungkin telah digunakan untuk membantu mengatur panas tubuh. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa berlayar itu dapat diperpanjang atau setidaknya sebagian runtuh.

 

 


4.Carcharodontosaurus

Salah satu dinosaurus pemakan daging yang paling ganas yang pernah menjelajah planet kita, dinosaurus besar ini memiliki gigi besar dan tajam yang dapat memotong daging korbannya dengan mudah. Ukuran tubuhnya lebih besar dari tiga mobil ukuran keluarga dan bobotnya lebih dari seratus orang dewasa. Ukurannya yang luar biasa besar merupakan keuntungan dalam melawan dinosaurus lainnya.


Predator sebesar dinosaurus ini membutuhkan jumlah daging yang banyak. Seperti mengikuti dan membunuh mangsa, mereka juga memakan setiap mahkluk yang mati yang mereka lewati.
Beberapa ahli berpendapat bahwa dinosaurus besar ini mungkin saja merawat anak-anaknya seperti yang dilakukan oleh burung pada saat ini.

5.Giganotosaurus

 

Giganotosaurus adalah dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah berburu didaratan. Ia bahkan lebih besar dari Tyrannosaurus rex. Dengan rahangnya yang menyerupai gunting tajamnya dan gigi yang bergerigi, mereka dapat menggigit tembus kedalam daging seperti pisau memotong masuk kedalam mentega. Rahangnya cukup besar untuk menelan seorang manusia dewasa secara utuh! Bila ukurannya tidak membuat takut terlebih dahulu, Giganotosaurus mungkin akan berburu dalam kelompok untuk mengalahkan dinosaurus pemakan tumbuhan raksasa.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tyrannosaurus Rex Dinosaur