Rabu, 03 Oktober 2012

Dinosaurus Herbivora


1.Brachiosarus

Daratan akan terguncang saat Brachiosaurus melintas di hutan prasejarah. Bobot dari dinosaurus ini sebanyak 12 gajah afrika dewasa, dan ukurannya yang luar biasa besar menjadikannya sebagai lawan yang menakutkan bagi musuhnya. Lehernya yang sangat panjang memungkinkannya untuk menjangkau pohon setinggi gedung tiga lantai untuk mencari pucuknya. Mereka membutuhkan makanan yang banyak setiap harinya untuk bertahan hidup. Bila ada dedaunan yang tidak dapat dicapai maka mereka akan mendorong pohon tersebut hingga miring untuk mendapatkannya.





2.Brontosaurus

Brontosaurus (yang berarti “kadal kilat” (dari bahasa Yunani bronto artinya ‘kilat’ dan sauros artinya ‘kadal’), adalah sebuah genus dinosaurus sauropoda yang sudah tidak dipakai lagi. Spesies Brontosaurus excelsus dinamakan oleh penemunya Othniel Charles Marsh, pada tahun 1879 dan nama ini tetap dipakai dalam literatur resmi sampai kurang lebih tahun 1974, meskipun sudah dikenal sebagai sebuah spesies dari genus yang telah disebut sebelumya, Apatosaurus, pada tahun 1903. Brontosaurus adalah dinosaurus yang mempunyai leher sangat panjang dan termasuk dinosaurus herbivora, panjang tubuh mereka bisa mencapai 26 meter dengan berat 32 ton, berat ini bisa melebihi 6 ekor gajah. Diperkirakan hidup di zaman Jura. Selain itu musuh utamanya adalah karnivora besar seperti Allosaurus. Habitatnya biasanya di tepi danau dan di hutan. Namun, setelah beberapa tahun nama Brotosaurus diganti kembali menjadi Apatosaurus.


3.Stegosaurus

Pemakan tumbuhan ini memiliki senjata rahasia yang digunakan untuk mengusir musuhnya – ekor yang dikibaskan yang dipersenjatai dengan duri yang kuat. Dengan tubuh sebesar truk, Stegosaurus adalah yang terbesar dari kaum stegosaurus, kelompok dinosaurus yang hidup selama 70 juta tahun.
Stegosaurus memiliki lempengan tulang yang besar di punggungnya yang dimulai dari kepala hingga ekornya. Ilmuwan tidak terlalu yakin tentang kegunaan dari lempengan tersebut, namun nampaknya lempengan tersebut menolong hewan ini untuk mempertahankan suhu tubuhnya. Lempengan ini mungkin berisi pembuluh darah dan, pada saat menghadap matahari, dapat menyerap panas secara cepat.

4.Tricertops

Triceratops berarti muka bertanduk tiga dalam bahasa Yunani. Hewan ini memiliki cula sepanjang 1 m sebanyak 2 buah di atas matanya, dan satu lagi lebih pendek dibagian atas hidungnya. Hal yang paling membedakan hewan ini dari hewan yang lain adalah tulang tengkoraknya yang mampu berkembang sepanjang 2m, hampir sepertiga panjang tubuhnya.

Fosil hewan ini ditemukan di Benua Amerika. Hewan ini diperkirakan tidak berkelompok dan individual. Tanduknya berfungsi sebagai kedudukannya terhadap triceratops lain seperti halnya rusa saat ini (courtship). Hewan ini menjadi objek penelitian yang cukup banyak digemari oleh para ilmuwan karena banyaknya fosil yang ditemukan.



5.Euoplocephalus

Tulang tebal menutupi kepala Euoplocephalus, sementara sebaris tonjolan tulang dan duri melindungi seluruh tubuhnya yang besar, bagaikan sebuah tank. Kelopak matanyapun ditutupi tulang, yang akan menutup untuk melindungi matanya yang lemah pada saat bahaya datang.



 6.Kentrosaurus

Dinosaurus pemakan tumbuhan yang besar ini menjelajah Afrika sekitar 150 juta tahun yang lalu, memakan tumbuhan demi tumbuhan. Namun Kentrosaurus yang lambat dan tidak tangkas ini dilengkapi dengan duri-duri tajam, yang dapat menyebabkan luka yang mematikan terhadap musuhnya.
 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tyrannosaurus Rex Dinosaur